Sabtu, 17 April 2010

Penjahat Termahal

Ingat film Public Enemies? Film ini mengangkat kisah nayat seorang perampok bank fenomenal Amerika Serikat di tahun 1930-an bersam john Diliinger. Saking sulitnya menangkap penjahat satu ini, FBI sampai menawarkan uang sebanyak 15.000 Dollar bagi orang yang dapat menyerahkan Dillinger. Nah, di masa sekarang ternyata banyak penjahat lain yang sam lihainya dengan Dillinger, sehingga membuat polosi rela menawarkan hadiah uang jutaan Dollar kepada penangkap mereka. Berminat menangkap mereka demi mendapatkan hadiah uang?



Osama Bin Laden

Pendiri gerakan pejuang Islam, Al-Qaeda ini sudah menjadi incaran pemerintah Amerika Serikat sejak dia dituduh sebagai dalang pemboman kedubes Amerika Serikat di Kenya dan Tanzania pada tahun 1998. Lalu, perburuan terhadap Osama semakin gencar sejak dia menjadi tersangka utama pelaku tragedi serangan dua menara World Trade Center tanggal 11 September 2001.
Meskipun Osama mengaku nggak bersalah atas berbagai kejadian yang menewaskan ribuan orang itu, tetap saja pemerintah Amerika Serikat menganggapnya sebagai teroris yang berbahaya. Bahkan U.S Department Rewards for Justice Program menyediakan unag sebesar 25 juta Dollar Amerika sebagi hadiah kepada orang yang berhasil menagkap Osama Bin Laden.
Dengan penawaran hadiah penangkapan sebesar itu, Osama pun menjadi buronan termahal saat ini. Namun, tetap saja sampai sekarang nggak ada yang berhasil melacak keberadaan Osama, apalagi menangkapnya.



Joaquin Guzman Loera

Joaquin Guzman Loera adalah raja nerkoba asal Mexico yang merupakan salah satu suplier narkoba terbesar ke Amerika serikat sejak awal tahun 1990-an. Setelah para rivalnya ketangkap di tahun 2003, Guzman yang punya nama panggilan El Chapo ini menjadi penguasa jaringan nerkoba di Mexico. Dari hasil usahanya ini, kekayaan Guzman diduga mencapai 1 milyar Dollar Amerika.
Akibat sepak terjangnya mengedarkan narkona di dunia Internasional, Guzman menjadi boronan banyak orang. Mulai dari pemerintah Mexico, Amerika Serikat dan Interpol. Sayangnya, Guzman sangat licin sehingga sulit memasukannya ke dalam penjara. Bahkan ketika sudah di tangkap, Guzman berhasil melarikan diri dari penjara Mexico pada tahun 2001.
Supaya bandar narkoba sati ini cepat masuk jeruji besi, U.S Drug Enforcement Administration Menawarkan uang hadiah sebesar 5 juta Dollar Amerika bagi yang dapat memberi informasi atau menangkap Guzman. Kabar terakhir, Guzman bersembunyi di beberapa negara di Amerika Tenagh, seperti Guatemala dan Honduras.



James Whitey Bulger
Daftar kejahatan buronan FBI yang berusia 80 tahun ini lumayan panjang. Soalanya, Whitey bulger sudah melakukan tindakan kriminal sejak berusia 14 tahun. Aksi kejahatannya semakin menjadi sejak dia bergabung dengan Organisasi Mafia, winter Hill Gang di athun 1973. Bersama anggota genknya ini, whitey Bulger melakukan pemerasan, mengedarkan nerkoba, pembajakan dan pembunuhan di kota Bosto, Amerika Serikat.
Berkat keahliannya dalam money laundry dan menyuap para pejabat, whitey bulger selalu lolos dari hukum dan bisa bebas beraksi selama bertahun-tahun. Bahkan ia sempat menjadi informan FBI yang ingin menangkap para rivalnya di dunia kejahatan. Hingga akhirnya di awal tahun 2000-an, FBI memutuskan untuk segera mengakhiri petualangan Whitey Bulger.
Karena dinyatakan sebagai buronan, Whitey Bulger tiba-tiba menghilang dari markasnya di Boston. Kemudian, dia sering dilaporkan terlihat di beberapa negara Eropa, seperti di Inggris dan Italia. Akibatnya, pihak interpol sampai ikut turun tangan untuk menagkap buronan yang punya banyak nama samaran ini. FBI pun mengeluarkan pernyataan akan memberkan hadiah uang sebesar 1 juta Dollar Amerika kepada siapa pun yang memberikan informasi tentang keberadaan Whitey Bulger.



Victor Manuel Gerena
Kejahatan yang dilakukan gerena sebenarnya Cuma satu, tapi cukup besar dan merugikan banget. Pada tahun 1983, Gerena merampok perusahaan sekuritas tempat dia bekerja di Connecticut. Nggak tanggung-tanggung, jumlah uang yang dirampok sebesar 7 juta Dollar Amerika. Dalam melakukan aksinya, Gerena samapi menodongkan senjata dan menyuntikan obat bius pada dua rekan kerjanya. Setelah itu Gerena kabur dengan truk curian.
Yang lebih hebat lagi, meskipun bukan penjahat berpengalaman, tapi Gerena sangat handal dalam meloloskan diri dari kejaran FBI. Bahkan sampai sekarang, nggak ada yang tahu di mana dia bersembunyi. Ada yang bilang Gerena tinggal di Cuba, tapi ada juga yang mengatakan kalau dia ada di Florida. Bahkan bnayak uga yang berasumsi kalau Gerena sudah meninggal dunia. Tapi, FBI nggak mau menyerah menemukan Gerena, karena itu mereka pun menawarkan hadiah sebesar 1 juta Dollar kepada orang yang bisa membantu menagkap Gerena.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar